Sholawat Munjiyat

Sholawat Munjiyat

Sholawat Munjiyat memiliki arti Sholawat Penyelamat yang bermakna dengan membaca sholawat ini, maka yang membacanya berharap dapat selamat dari segala musibah yang akan maupun sedang menimpanya dan dikeluarkan dari kesulitan yang dihadapi. Baik kesulitan dalam hal ekonomi maupun kesulitan mental ataupun fisik. Sholawat Munjiyat mempunyai fadhilah atau keutamaan mendatangkan hajat dan keselamatan serta meninggikan derajat bagi pembacanya.

Sejarah Sholawat Munjiyat
Sholawat Munjiyat adalah karya dari seorang sufi penganut Tariqat Syadziliyah yaitu Syekh Sholeh Musa Al-Dharir. Kisah dari terciptanya sholawat ini sebagai berikut :
Dari Syekh Sholeh Musa Al-Dhorir beliau berkata, "Aku menaiki perahu di lautan lalu kami diserang angin yang besar sehingga sedikit dari kami yang selamat dari karam. Aku merasa sangat ngantuk dan tertidur, lalu aku bermimpi bertemu Nabi SAW dan beliau bersabda : Katakan pada para penumpang perahu untuk mengucapkan ini (Sholawat Munjiyat) 1000 kali. Kemudian aku terbangun dan mengajarkan bacaan tersebut pada seluruh penumpang kapal. Lalu kami bersama-sama membaca Sholawat itu dan baru 300 kali, angin makin lama makin reda sehingga kapal tidak tenggelam dan penumpang diberi keselamatan oleh Allah SWT."

Berikut ini lafadz Sholawat Munjiyat dan terjemahannya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٌ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَاجَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَابِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii'il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii'is-sayyi'aati wa tarfa'unaa bihaa 'indaka a'lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii'il-khairaati fil-hayaati wa ba'dal-mamaati

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.


Syekh Al Buni dan Imam Jazuli menerangkan : Barangsiapa yang berhajat baik dunia maupun akhirat, bacalah sholawat ini 1000 kali saat waktu tengah malam, Insya Allah segala hajatnya akan dikabulkan Allah SWT.

Imam Dainuri juga menerangkan, bila tertimpa musibah, kesulitan atau musim penyakit menular, bacalah Sholawat Munjiyat sebanyak-banyaknya. Insya Allah akan terlepas dari kesulitan itu.

Jika sholawat ini dibaca 11 kali seusai sholat fardhu, kemudia berdoa memohon kepada Allah dengan hati yang sungguh-sungguh, Insya Allah yang diminta akan terkabul.

Jika sholawat ini dibaca sebanyak 41 kali di saat lahirnya seorang anak, Insya Allah anak tersebut kelak menjadi orang besar dan sholeh, taat kepada Allah dan Rasul-Nya, patuh kepada nasehat orang tua / guru serta menjadi anak yang berguna bagi agama nusa dan bangsa.

Jika dibaca 40 kali seusai sholat fardhu, dapat menghilangkan kesusahan, mempermudah semua pekerjaan dan urusan, membuka dan meluaskan rezeki, menerangkan hati, meninggikan pangkat dan derajat, dan membuka pintu kebaikan serta menolak atau menghindarkan bencana musibah dalam bentuk apa pun.

Jika ada hajat yang ingin segera dikabulkan, bacalah Sholawat Munjiyat 11 kali seusai sholat fardhu dan ketika tengah malam melakukan sholat hajat 2 rakaat, kemudian membaca Sholawat Munjiyat 1000 kali, tentunya harus benar-benar yakin kepada Allah bahwa doanya akan terkabulkan.
Sang Pejalan

Jalan Suluk merupakan web/blog yang mengulas berbagai hal tentang ajaran agama Islam seperti tasawuf, sholawat, hikmah, suluk, manakib ulama dll.

Lebih baru Lebih lama

Artikel Pilihan