Sholawat Fatih dan Fadhilahnya

Sholawat merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah Ta’ala, dengan cara memberikan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat juga sebagai cara kita untuk mendoakan Rasulullah dan keluarganya agar selalu dilimpahi keberkahan dan kesejahteraan. Bersholawat sangat banyak manfaatnya. Yang paling utama adalah mempermudah mendapatkan syafa'at Rasulullah di akhirat nantinya.

Diantara bacaan sholawat, salah satu yang populer adalah Sholawat Fatih. Sholawat ini dari Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq kemudian diijazahkan Syekh Muhammad Syamsyuddin Al-Bakri.
Sholawat Fatih adalah Sholawat pembuka pintu-pintu atau Sholawat pembuka pintu ‘Arsy Allah SWT. Banyak sekali keistimewaan yang tersimpan dalam sholawat ini.

Ketika Syekh Muhammad Syamsyuddin Al-Bakri sedang riyadhoh dan munajat kepada Allah SWT, beliau minta agar diberikan sholawat yang pahala, sirr, faedah dan keistimewaannya mengungguli seluruh sholawat yang pernah ada. Kemudian datang isyarah dari Allah SWT dan beliau melihat tulisan Sholawat Fatih dari cahaya.

Seorang ulama dan mursyid Tarekat Tijaniyah, Syekh Ahmad at-Tijany RA, berkata “Keistimewaan sholawat al-Fatih sangat sulit di terima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi”.
"Seandainya ada 100,000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100,000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100,000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT hingga 100,000 tahun, dan setiap orang bersholawat kepada nabi setiap hari 100,000 kali, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala daripada membaca sholawat al-Fatih sebanyak satu kali. (Dinukil dari al-Fathur Robbany karya Sayyid Muhammad bin Abdillah as-Syafi`ie at-Thoshfaawy at-Tijany hal 99-100 ).

Bacaan sholawat fatih sebagai berikut ini:
Sholawat Fatih


Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammaddinil Fatihi Lima Ughliqo Wal Khotimi Lima Sabaqo, Nashiril Haqqi Bil Haqqi Wal Hadi Ila Shirotikal Mustaqim Wa 'Ala Alihi Wa Shohbihi Haqqo Qodrihi Wa Miq Darihil 'Adzim.
Artinya:
Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar-benar kekuasaannya yang Maha Agung”.

Fadhilah/Keutamaan Sholawat Fatih
Berikut ini adalah keutamaan dari membaca Sholawat Fatih:
1. Menghilangkan perasaan gelisah
Fadhilah Sholawat Fatih dapat membantu menghilangkan perasaan gelisah. Saat kita merasa sedih dan merana, banyak ulama menyarankan untuk membaca Sholawat Fatih sebanyak-banyaknya. Dengan istiqomah/rutin membacanya Insya Allah hati kembali tenang.

2. Terbebas dari api neraka
Menurut beberapa ulama, membaca Sholawat Fatih walaupun hanya sekali seumur hidupnya maka orang tersebut tidak akan masuk neraka.

3. Pahala 10.000 kali dari sholawat lainnya
Ada ulama berpendapat bahwa membaca Sholawat Fatih dapat mendatangkan pahala yang besar. Pahala membaca satu kali Sholawat Fatih sama dengan 10.000 sholawat lainnya. Bahkan ada yang mengatakan pahalanya mencapai 600.000 kali lipat.

4. Mempermudah datangnya hidayah
Seseorang yang membaca Sholawat Fatih selama 40 hari berturut-turut maka ia akan dimudahkan mendapat hidayah serta tergerak hatinya untuk melakukan taubat dari segala kemaksiatan.

5. Berkumpul bersama Rasulullah di akhirat
Setiap umat muslim pasti menginginkan bertemu dan berkumpul dengan Rasulullah SAW. Ulama berpendapat, barang siapa yang membaca Sholawat Fatih pada malam Jum'at atau atau malam senin sebanyak 1000 kali, maka orang tersebut akan dimudahkan berkumpul dengan Rasulullah SAW.

6. Mempermudah datangnya rezeki halal
Apabila ingin luas rezekinya yang halal dan sejahtera hidupnya, hendaklah membaca Sholawat Fatih sebanyak 21 kali tiap selesai Sholat Subuh secara istiqomah.

7. Pahala berlipat ganda
Menurut penjelasan Syekh Ahmad at-Tijany R.A, berkata bahwa ”Keistimewaan Sholawat Fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi. Seandainya ada 100.000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT sampai 100.000 tahun, dan setiap orang bersholawat kepada Nabi setiap hari 100.000 kali, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca Sholawat Fatih 1 kali.

8. Meninggal dalam keadaan husnul khotimah
Beberapa ulama mempercayai siapa yang membaca Sholawat Fatih 1 kali setiap harinya, Insya Allah yang membaca akan dimatikan dalam keadaan husnul khotimah.

9. Dosa-dosa diampuni
Mengamalkan Sholawat Fatih dapat menghapus perbuatan dosa yang pernah dilakukan semasa hidup di dunia.

10. Menghapus dosa selama 400 tahun
Mengamalkan membaca Sholawat Fatih sebanyak 100 kali pada malam Jumat diyakini dapat menghapus dosa-dosa selama 400 tahun.

11. Memperoleh pahala yang menyamai ibadah para wali
Membaca Sholawat Fatih 10x di malam Jum’at lebih besar pahalanya dari pada ibadah seorang wali yang tidak membaca Sholawat Fatih selama 1 juta tahun.
Sang Pejalan

Jalan Suluk merupakan web/blog yang mengulas berbagai hal tentang ajaran agama Islam seperti tasawuf, sholawat, hikmah, suluk, manakib ulama dll.

Lebih baru Lebih lama

Artikel Pilihan