Bacaan Sholawat Quthbul Aqthab


Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَيَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah bersholawat kepadanya 10 kali shalawat, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 10 derajat.” (HR. an-Nasa’i).

Maka suatu keharusan bagi umat Islam untuk memperbanyak Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan salah satu bacaan Sholawat yang bisa diamalkan adalah Sholawat Quthbul Aqthab.

Shalawat Quthbul Aqthab dikarang oleh Al-Imam Al-Quthub Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad. Sholawat ini memiliki keutamaan yang besar. Salah satu keutamaannya adalah memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti penyakit gila, penyakit perut, batuk, panas, dan macam penyakit lainnya.

Berikut adalah bacaan Sholawat Quthbul Aqthab :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْاَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْاَخِرِيْنَ. وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى النَّبِيِّيْنَ. وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمُرْسَلِيْنَ  وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَاءِ الْاَعْلٰى اِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ

Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin fil awwaliin, washolli 'alaa Sayyidina Muhammadin fil aakhiriin, washolli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin finnabiyyin, washolli 'alaa Sayyidina Muhammadin fil mursaliin, washolli 'alaa Sayyidina Muhammadin fil malail a'laa ilaa yaumiddiin.

Artinya : "Ya Allah, limpahkanlah rahmat takdzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW di masa-masa permulaan dan limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW di masa-masa penghabisan, dan limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Utusan serta limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat."


Sholawat ini disebutkan dalam kitab Afdhalus Shalawat ‘ala Sayyidis Sadat karangan Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani yang disebutkan bahwa Syekh Suja’i berkata; “Sa’id bin Al-Tharid meriwayatkan bahwa barangsiapa membaca sholawat ini 3 kali ketika menjelang pagi dan waktu sore, maka dosa-doasanya akan dilenyapkan dan kesalahan-kesalahannya akan dihapus. Dia akan senantiasa bahagia, doanya dikabulkan, cita-citanya tercapai dan akan dibantu dalam mengalahkan musuhnya.”

Mengamalkan Sholawat Quthbul Aqthab untuk pengobatan
1. Untuk mengobati sakit panas dan pusing, maka hendaklah memperbanyak membaca shalawat ini setiap hari, Insya Allah segera sembuh.
2. Jika untuk mengobati sakit perut, maka bacalah Sholawat Quthbul Aqthab sebanyak 7 kali ditiupkan pada telapak tangan, kemudian usapkan pada bagian perut yang sakit, dengan izin Allah akan sembuh.
3. Apabila digunakan untuk mengobati sakit batuk, maka bacalah sholawat ini sebanyak 99 kali dan ditiupkan pada segelas air putih, kemudian diminumkan di pagi dan sore hari, Insya Allah akan segera sembuh.
4. Untuk mengobati penyakit gila atau gangguan jiwa, caranya adalah sholawat ini di baca sebanyak 1000 kali pada pertengahan malam Jum'at. Dan di baca 3 kali pada setiap selesai shalat Maghrib dan shalat Shubuh. Dan setiap selesai mengamalkan sholawat tersebut, melakukan sujud 3 kali sambil berdoa memohon kepada Allah agar penyakit yang diderita segera sembuh.
Sang Pejalan

Jalan Suluk merupakan web/blog yang mengulas berbagai hal tentang ajaran agama Islam seperti tasawuf, sholawat, hikmah, suluk, manakib ulama dll.

Lebih baru Lebih lama

Artikel Pilihan