Sholawat Sayyidina Ali Karomallahu Wajhahu


Banyak sekali macam Sholawat, baik yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shollallaahu 'alaihi wasallam maupun dari gubahan para alim ulama. Ada yang panjang maupun pendek. Tak ketinggalan juga para sahabat Nabi, karena kecintaan mereka kepada Baginda Rasulullah Shollallaahu 'alaihi wasallam yang begitu besar, mereka mempersembahkan sholawatnya kepada Beliau tercinta.

Diantara sahabat Nabi yang mempunyai Sholawat sendiri adalah Sayidina Ali Karomallahu Wajhahu. Bacaan sholawat yang sering dibaca beliau adalah sebagai berikut :

صَلَوَاتُ اللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَاَنْبِيَائِهِ وَرُسُلِهِ وَجَمِيْعِ خَلْقِهِ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاَلِ مُحَمّدِ وَعَلَيْهِ وَعَلَيْهِمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sholawaatullaahi wa malaa-ikatihi wa anbiyaa-ihi wa rusulihi wa jamii‘i kholqihii ‘alaa Muhammadin wa aali Muhammadin wa ‘alaihi wa ‘alaihimus salaamu wa rohmatullaahi wa barokaatuhu.

Artinya : "Semoga Rahmat Allah dan para Malaikat-Nya , para Nabi-Nya, serta para makhluq-Nya tetap atas Nabi Muhammad SAW dan keluarganya semoga dapat limpahan keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya."


Syaikh Hasan bin Muhammad Khilmi Al Qahyi An Naqsyabandy As Syadzily Al Qadiry, dalam kitab Tanbih as-Saalikiin ilaa Ghurur al Mutasayyikhiin, dijelaskan bahwa Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata : "Barang siapa yang membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Shollallaahu 'alaihi wasallam setiap hari 3 kali dan setiap Jum'at 100 kali, maka sesungguhnya dia telah membaca shalawat dengan sholawat-sholawatnya semua makhluq, dan dia akan dikumpulkan pada hari kiamat bersama rombongannya Rasulullah Shollallaahu 'alaihi wasallam sambil mengambil tangannya untuk diajak sampai masuk surga."

Adapun manfaat lainnya adalah apabila Sholawat ini diamalkan sesudah Sholat Fardhu dibaca 21 kali, Insya Allah orang yang mengamalkannya akan dilindungi Allah dari gangguan santet, sihir, tenung, dan orang yang hendak berbuat jahat. Selain itu fadhilah sholawat ini juga mendatangkan kewibawaan, disegani dan dicintai makhluk.

Semoga nantinya di Yaumul Mahsyar kita semua dituntun oleh Rasulullaah Shollallaahu 'alaihi wasallam masuk bersama para guru kita ke dalam surga Allah Subhaanahu wa Ta'ala. Aamiiin.
Sang Pejalan

Jalan Suluk merupakan web/blog yang mengulas berbagai hal tentang ajaran agama Islam seperti tasawuf, sholawat, hikmah, suluk, manakib ulama dll.

Lebih baru Lebih lama

Artikel Pilihan