Ayat Kursi, Keutamaan dan Manfaatnya

Bacaan Ayat Kursi

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامٌ، وَإِنَّ سَنَامَ القُرْآنِ سُورَةُ البَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِيَ سَيِّدَةُ آيِ القُرْآنِ، هِيَ آيَةُ الكُرْسِيِّ
Dari Abu Hurairah RA berkata : Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Setiap sesuatu itu memiliki punuk, dan sesungguhnya punuknya Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah. Di dalamnya terdapat sayyidnya ayat Al-Qur’an. Dialah Ayat Kursi.” (HR. Tirmidzi)

Bacaan Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardhlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar.”
(Surat Al-Baqarah ayat 255).

Keutamaan Ayat Kursi adalah sebagai berikut :

1. Ayat Kursi merupakan ayat yang paling agung dalam Al-Qur’an
Diriwayatkan saat Rasulullah SAW bertanya kepada Ubay bin Kaab tentang ayat yang paling utama dalam Al-Qur’an. Rasulullah bertanya kepada Ubay bin Kaab, ”Ayat apa yang paling utama di dalam Al-Qur’an?” Ubay bin Kaab menjawab, “Ayat paling utama dalam Kitabullah adalah Ayat Kursi.”
Kemudian Rasulullah SAW menepuk dada Ubay bin Kaab dengan pelan sambil berkata, “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Ayat kursi disebut sebagai ayat paling agung dalam Al-Qur’an karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung yaitu Al-Hayyu dan Al-Qayyum.

2. Keagungan Ayat Kursi melebihi langit dan bumi
Rasulullah SAW bersabda:
“Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).”
Ulama sufi Sufyan Ats-Sauri berkata bahwa Ayat Kursi adalah salah satu Kalamullah atau ucapan dari Allah. Dan Kalamullah lebih agung dari ciptaan Allah lainnya.

3. Ayat Kursi menjadi salah satu amalan sebelum tidur
Rasulullah SAW bersabda : “Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah Ayat Kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR. Bukhari).

4. Perantara masuk surga
Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Artinya : “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR An-Nasai).

Maksud dari sabda Rasulullah tersebut adalah Ayat Kursi dapat menjadi perantara kita masuk surga. Selama kita masih hidup dan mengamalkan ayat kursi setelah shalat maka kita akan selalu mendapat kemuliaan untuk masuk surga.

Manfaat membaca dan mengamalkan Ayat Kursi

1. Otak menjadi lebih paham sesuatu
Merutinkan membaca Ayat Kursi akan mendapatkan manfaat terhadap otak, karena otak akan lebih mudah memahami atau mencerna suatu ilmu.

2. Terlindungi dari godaan setan
Diriwayatkan jika Anda sedang diganggu setan, maka bacalah ayat kursi niscaya setan akan lari dan meninggalkan kita. Selain itu, dengan membaca ayat kursi selesai shalat fardhu di pagi hari dan sore hari, maka pengamalnya akan dilindungi dari serangan binatang buas dan terhindar dari kejahatan yang dilakukan oleh orang lain.

3. Mendapat perlindungan Allah
Jika seseorang membaca ayat kursi sebelum bepergian, maka dalam perjalanannya akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Orang tersebut akan terbebas dari musibah selama perjalanannya dan selamat sampai tujuan.

4. Allah akan meluaskan rezekinya
Bagi pengamal Ayat Kursi, akan dibukakan pintu-pintu rezekinya oleh Allah. Juga rezekinya akan diluaskan oleh Allah SWT.

5. Dijauhkan dari segala bentuk kejahatan
Siapa yang membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada waktu Jum’at maka dia akan terhindar dari kejahatan. Baik itu kejahatan dari manusia, hewan maupun setan.

6. Mendapatkan kasih sayang dari Allah
Allah akan mencintai hambanya yang selalu membaca ayat kursi setiap harinya. Sebagaimana Allah mencintai dan menyayangi Nabi Muhammad SAW.
Sang Pejalan

Jalan Suluk merupakan web/blog yang mengulas berbagai hal tentang ajaran agama Islam seperti tasawuf, sholawat, hikmah, suluk, manakib ulama dll.

Lebih baru Lebih lama

Artikel Pilihan