Abu Nawas - Air Susu Pemalu


Pada suatu hari, Raja Harun al-Rasyid berjalan-jalan di pasar. Saat itu pasar sedang ramai-ramainya. Dan, Raja pun tak akan lupa dengan sosok laki-laki yang selalu hadir dalam benaknya. Ia memergoki Abu Nawas di pasar. Ia melihat Abu Nawas sedang memegang sebuah botol berisi anggur.

Raja Harun al-Rasyid terkejut dengan kelakuan Abu Nawas itu. Segera beliau mendatangi Abu Nawas dengan maksud untuk menegurnya. 

"Hai Abu Nawas, apa yang kau pegang itu?" tanya Raja Harun al-Rasyid.

Abu Nawas terkejut dengan suara yang tiba-tiba itu. Ia kaget karena di hadapannya sudah berdiri Raja Harun al-Rasyid. Kejadian itu membuat Abu Nawas salah tingkah. Terlebih lagi, ia sedang memegang sebotol anggur. 

Tapi, bukan Abu Nawas namanya jika tidak pintar memberi jawaban. Segera saja ia menemukan jawaban yang pasti membuat Raja puas. 

"Ini adalah susu Baginda," jawab Abu Nawas. 

"Benarkah itu? Bagaimana mungkin air susu ini berwarna merah?" tanya Raja Harun al-Rasyid keheranan. 

Raja pun kemudian mengambil botol yang dipegang oleh Abu Nawas. Dengan terpaksa Abu Nawas memberikan botol itu kepada Raja dengan dada berdebar kencang karena takut ketahuan dia sedang berbohong. 

"Biasanya, susu itu berwarna putih bersih," kata Raja Harun al-Rasyid. "Tapi ini berwarna merah. Apa yang terjadi, wahai Abu Nawas?" 

"Betul, Tuanku," kata Abu Nawas. "Memang awalnya, air susu ini berwarna putih bersih. Namun saat melihat Tuanku yang gagah rupawan, ia tersipu malu dan berubah merah merona." 

Mendengar jawaban Abu Nawas, Bainda Raja Harun al-Rasyid pun tertawa terbahak-bahak dan meninggalkan Abu Nawas sambil geleng-geleng kepala. Abu Nawas merasa senang karena telah memuaskan rasa penasaran Sang Raja. Setelah itu, ia pulang dengan senang pula, sebab di tangannya sudah tidak ada susu yang pemalu dengan warna merah merona. Ia telah mengembalikan pada penjualnya.

Sang Pejalan

Jalan Suluk merupakan web/blog yang mengulas berbagai hal tentang ajaran agama Islam seperti tasawuf, sholawat, hikmah, suluk, manakib ulama dll.

Lebih baru Lebih lama

Artikel Pilihan