Ibnu Sab'in Filsuf Andalusia


Abdul Haqq bin Ibrahim Muhammad bin Nashr adalah nama lengkap dari Ibnu Sab’in. Beliau seorang sufi yang juga filsuf dari Andalusia (Spanyol), ia bergelar Quthbuddin. Ibnu Sab’in belajar bahasa Arab pada gurunya dan mempelajari ilmu-ilmu agama, ilmu logika dan filsafat. Di antara guru-gurunya adalah Ibn Dihaq atau dikenal dengan Ibn al-Mir’an, al-Yunani dan al-Hurani. Al-Yunani dan al-Hurani keduanya adalah ahli tentang huruf ataupun nama. Ibn Sabin lebih cenderung pada Filosofi dibandingkan dengan orang-orang sufi. Ibn Sabin mendirikan tasawuf rasional berdasarkan pada asas filosofis.

 

Pendapat Ibn Sabin tentang kesatuan mutlaq (wahdat al-muthlaq) tersebut merupakan dasar dari pahamnya. Pemahaman tersebut lebih mirip dengan paham dari sebagian sufi yang juga filsuf seperti Ibn Arabi dan Ibn Faraidh. Menurut Ibn Sab’in percampuran kesatuan mutlak adalah individu yang paling sempurna yang dimiliki seorang ahli fikih, teologi, filosofi maupun sufi. Kebanyakan para filsuf mengikuti paham Aristoteles yang memandang logika sebagai alat yang membantu manusia dalam mengetahui dunia dan yang menemukan teori pengetahuan. Ibn Sab’in memandang peran logika adalah sebagai hal yang acak dan tidak berharga karena baginya pengetahuan adalah pengetahuan Tuhan.

 

Ibn  Sabin  menguraikan ajaran tasawufnya secara teoritis maupun praktis dengan cara meringkas maupun panjang lebar. Keunggulannya dalam dunia sufi terbukti dalam karya-karyanya di antaranya Qutb Addin, Asrar Al-Hikam Al-Sashiqiyah, dan Budd Al-Arif yang berhadapan dengan alur pengetahuan. Dia mengenal berbagai aliran filsafat Yunani dan filsafat Persia serta India. Di samping itu juga banyak menelaah berbagai karya Islam dari dunia bagian timur seperti Al-Faradi, Ibn Thuafail dan Ibn Rusd. Selain itu ia juga menguasai ilmu fiqih, dan kritis dalam filosofi, teologi dari para sufi sebelumnya serta dengan pengetahuannya tentang aliran tasawuf yang mendalam.

Sang Pejalan

Jalan Suluk merupakan web/blog yang mengulas berbagai hal tentang ajaran agama Islam seperti tasawuf, sholawat, hikmah, suluk, manakib ulama dll.

Lebih baru Lebih lama

Artikel Pilihan